Cara Cepat dan Tepat Diet bagi Remaja

Cara Cepat dan Tepat Diet bagi Remaja

Masih merasa kurang ideal dengan masalah badan. Masalah obesitas kini tidak hanya dihadapi oleh orang dewasa, tetapi juga oleh para remaja. Gaya hidup yang serba cepat dan instan saat ini, merupakan hal yang menyebabkan jumlah remaja yang mengalami obesitas semakin meningkat. Merekapun tentu sangat ingin menurunkan berat badan. Namun, cara diet untuk mereka tentu sangat berbeda dengan orang dewasa. Anak usia remaja masih mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Diet yang salah bisa menghambat tumbuh kembangmnya.

Berikut ini ada beberapa tips diet bagi Anda yang patut dicoba tentunya bagi para remaja :
1. Jangan Tinggalkan Sarapan
Hal yang sering dianggap sepele yaitu sarapan. Diantara ketiga waktu makan, sarapan adalah hal yang paling penting dalam meningkatkan laju metabolisme tubuh agar bisa memulai aktivitas dan bisa tetap aktif sepanjang hari. Banyak peneliti yang membuktikan bahwa mereka yang sarapan lebih mudah menurunkan berat badan dibanding yang melupakan sarapan. Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi makanan berat di pagi hari, maka cukup memilih makanan yang kaya protein dan serat seperti sereal, telur, dan roti gandum.

2. Makan di Rumah Saja
Pola makan remaja saat ini banyak yang mengalami perubahan. Kebanyakan remaja lebih suka mengonsumsi makanan yang dijajakan di luar dengan sistem cepat saji. Lebih sering makan siang di kantin sekolah daripada di rumah. Padahal jika dilihat lebih jauh jajanan di luar memiiki asupan kalori yang justru lebih banyak. Selain karena kebersihannya terjaga, Anda juga bisa mengatur banyak kalori yang masuk ke tubuh Anda.
Cara Cepat dan Tepat Diet bagi Remaja


3. Mengontrol Porsi Makan
Hal yang sangat penting saat melakukan program diet. Dengan mengontrol porsi makan, maka Anda telah berhasil membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi kalori dalam jumlah sedikit akan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

4. Mengontrol Kebiasaan
Remaja saat ini cenderung banyak melakukan kebiasaan buruk, seperti melewatkan waktu makan, berolah raga yang terlalu berat, mengkonsumsi makanan ringan dan minuman kemasan(instan) . Kebiasaan buruk tersebut sebaiknya diganti bahkan lebih baik dihilangkan dengan kebiasaan baik yang bisa lebih memacu pertumbuhan badan, misalnya dengan memperbanyak konsumsi protein, sayuran dan buah-buahan segar.


5. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Hal ini sangat dianjurkan karena dengan mengonsumsi air putih 2 – 3 liter perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Mengonsumsi air yang cukup akan meningkatkan laju metabolisme tubuh dan juga membantu mengeluarkan semua zat sisa atau racun dari tubuh. Peningkatan metabolisme sekaligus dapat meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.
Cara Cepat dan Tepat Diet bagi Remaja


6. Olahraga
Kegiatan olahgara akan lebih baik jika dilakukan rutin dengan aktivitas fisik selama min 15 menit-1 jam tiap hari akan membantu Anda, tentunya membantu Anda mendapatkan berat badan yang diinginkan(dalam arti ideal). Tips saat memilih olahraga yaitu yang Anda sukai seperti jogging, sepeda, senam atau berenang. Tak hanya itu aktivitas fisik ringan seperti menari atau bersih-bersih rumah juga bisa membakar lemak tubuh yang berlebih.
Cara Cepat dan Tepat Diet bagi Remaja


7. Perhatikan Label Makanan Kemasan
Point ini yang sering tak diperhatikan saat mau membeli produk. Mengontrol jumlah kalori dapat dilakukan melalui kebiasaan yang sederhana, misalnya membaca label kandungan gizi pada makanan kemasan. Jumlah kalori yang disarankan bagi remaja untuk dikonsumsi setiap hari adalah sebanyak 2000 kalori per hari. Makanan yang digoreng dan dipanggang, serta susu full cream adalah jenis makanan yang harus dihindari karena tinggi kalori.

Berikut tadi ulasan mengenai tips diet bagi remaja agar memiliki berat badan yang ideal seperti yang diinginkan. Semoga Bermanfaat.


codeacademy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: