Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita, tak jarang wajah kita seringkali dapat menimbulkan masalah bagi kaum wanita, salah satunya adalah wajah berjerawat. Timbulnya jerawat memang membuat kita tidak percaya diri saat berkumpul bersama teman-teman, atau bahkan gebetan. Dan seringkali kita kesal lalu ingin menutupi wajah saat bertemu dengan orang lain agar jerawatnya tak terlihat.

Namun banyak kasus jerawat bukan hanya menimbulkan masalah saat timbulnya saja, melainkan bekasnya juga di kemudian hari. Walaupun kita sudah berhasil menyembuhkan jerawat di wajah, namun tak dapat dipungkiri terdapat bekas jerawat yang bisa dibilang membandel. Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya?

Cara menghilangkan jerawat memang sangat banyak diidamkan oleh semua orang, terutamanya bagi wanita. Namun langkah cepat dan praktis membuat orang lebih memilih pengobatan secara kimiawi. Ada baiknya jika anda lebih memilih cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami yang tidak menimbulkan efek samping untuk wajah anda maupun tubuh anda kelak.

Perlu diketahui bahwa jerawat secara medis bernama Acne Vulgaris merupakan salah satu penyakit kulit yang terjadi akibat adanya kelenjar minyak di folikel bulu halus. Jerawat biasanya sering muncul pada pria remaja yang sering berkeringat ataupun wanita yang sedang masuk masa pubertas. Penyebab utama dari timbulnya jerawat di wajah adalah dari peningkatan pertumbuhan kadar androgen (hormon). Selain hormon, hal yang mempengaruhi timbulnya jerawat ini antara lain produksi minyak pada kulit, pori-pori wajah yang tersumbat, bakteri, sel kulit yang mati, dan faktor keturunan.

Berikut beberapa tips menghilangkan jerawat secaara alami :
1. Madu
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Madu
Madu merupakan salah satu obat herbal yang dapat kita gunakan untuk memberantas jerawat yang muncul di wajah kita. Madu memiliki zat antibiotik yang sangat tinggi yang dapat membantu mencegah infeksi serta proses penyembuhan penyakit kulit. Namun yang perlu anda ingat, jika anda menggunakan cara ini dan malah kulit anda terasa gatal atau merah, maka jangan diteruskan karena kulit anda termasuk sensitif. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan madu pada kapas yang bersih. Kemudian letakkan pada jerawat anda layaknya sedang di kompres. Biarkan kurang lebih 30 menit dan setelah selesai bilas dengan air bersih.

2. Lemon
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Lemon

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang lain adalah dengan menggunakan buah lemon. Buah yang kaya akan vitamin C ini sangat ampuh membasmi jerawat yang timbul. Belilah jeruk lemon di pasar dan jangan mencoba untuk menggunakan lemon dalam kemasan botol karena sudah bercampur dengan bahan kimia lainnya. Untuk cara penggunaannya sendiri cukup peras air lemon secukupnya, lalu usapkan dengan kapas. Lakukan ini pada saat menjelang tidur dan bilas keesokan harinya.

3. Bawang putih
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Bawang Putih
Bawang putih merupakan zat multifungsi, sebagai antivirus, antijamur, antioksidan, dan antiseptik. Bawang putih sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat batu maupun biasa di wajah. Kandungan zat sulfur yang terdapat di dalam bawang putih lah yang membantu mengatasi masalah jerawat tersebut. Adapun cara menggunakannya cukup potong 1 siung bawah putih menjadi dua bagian, dan gosokkan di jerawat membandel di wajah anda. Diamkan kurang lebih 5-10 menit lalu cuci dengan air hangat. Lalukan ini secara rutin sampai jerawat mengecil.

4. Tomat
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Tomat
Seperti yang sudah kita ketahui, tomat merupakan bahan yang sering digunakan untuk masker alami wajah. Tomat memang dianggap dari jaman dahulu dapat menghaluskan wajah karena mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk membantu mengurangi jerawat. Anda cukup siapkan irisanbuah tomat segar, lalu tutup di jerawat anda. Biarkan kurang lebih 10-15 menit. Lakukan tahapan ini secara rutin agar jerawat cepat menghilang. Namun jika jerawat anda sudah membandel dan meradang, jadikan tomat sebagai masker dengan cara memblender tanpa menggunakan air. Diamkan 20-30 menit di wajah dan setelah itu bilas hingga bersih.

5. Lidah Buaya
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Lidah Buaya
Mungkin anda lebih mengenal lidah buaya sebagai bahan untuk menyuburkan rambut, padahal lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menghilangkan jerawat. Lidah buaya sangat ampuh mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Lidah buaya juga mampu mengurangi minyak berlebihan pada kulit wajah yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Cara menggunakannya cukup iris lidah buaya hingga tersisa dagingnya saja. Anda dapat memeras hingga menjadi gel dan gel tersebut anda oleskan di wajah yang berjerawat. Diamkan kurang lebih 30-40 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin minimal dua kali seminggu sampai jerawat tidak muncul kembali.

6. Mentimun
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Mentimun
Selain tomat, mentimun juga sangat lumrah digunakan sebagai masker wajah alami. Mentimun dipercaya dapat membuat kulit wajah menjadi halus dan bercahaya. Anti inflamasi yang terdapat di dalam mentimun sangat cocok untuk mengobati jerawat batu ataupun jerawat biasa. Anda cukup meletakkan irisan mentimun segar di wajah anda dan biarkan sekitar 30-60 menit. Atau bila cara ini masih kurang ampuh, buatlah masker dari jus mentimun. Biarkan di wajah anda 30-60 menit hingga kering dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat menghilang dengan sendirinya.

7. Jangan menggunakan tangan untuk mengeluarkan jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita

Seringkali tangan kita usil jika melihat jerawat yang muncul di wajah. Padahal tangan merupakan ladang bakteri dan kotoran akibat aktivitas yang telah dilakukan sepanjang hari. Bukannya jerawat semakin hilang jika anda tekan dengan tangan, malah akan membuatnya semakin besar dan meradang. Jika anda ingin memencet jerawat, sebaiknya gunakan kapas atau kain bersih yang sudah dihangatkan dengan air panas.

8. Mencuci wajah secara rutin
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Mencuci Wajah Rutin
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab dari kulit wajah berjerawat adalah bakteri dan tersumbatnya pori-pori. Wajah yang kotor akibat asap knalpot dan keringat dapat dihilangkan dengan mencuci muka minimal dua kali sehari yang membuat wajah anda bersih. Anda dapat menggunakan cream pencuci wajah yang khusus dapat menghilangkan jerawat, atau kalau dirasa tidak perlu cukup cuci muka dengan kain yang telah direndam air hangat.

9. Kurangi pemakaian kosmetik
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Kosmetik
Jika anda sering pergi keluar rumah dan berpenampilan menggunakan kosmetik, sebaiknya anda tidak menggunakan kosmetik yang berlebihan. Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang memang berguna untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah, namun bila digunakan secara berlebihan dan terus menerus pastinya akan sangat berbahaya. Bijaklah dalam menggunakan kosmetik.

10. Hindari stres
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita

Stres merupakan salah satu bagian dari kehidupan yang yang sering menimpa kita, terutama yang hidup di daerah perkotaan. Stres dapat timbul akibat beban kerja yang begitu berat ataupun bersifat monoton. Tanpa anda sadari ternyata stres dapat menimbulkan masalah jerawat pada kulit wajah anda. Reaksi kimia yang disebabkan pada saat stres dapat memicu peningkatan produksi hormon yang menyebabkan wajah berjerawat.

11. Perbanyak minum air putih
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami bagi Wanita
Perbanyak air putih
Air putih bermanfaat dalam meningkatkan kerja sistem peredaran darah manusia. Jika tubuh anda kekurangan air, maka akan menghambat sirkulasi darah akan terganggu. Air putih juga turut membantu detoksifikasi atau mengeluarkan racun di dalam tubuh. Dua manfaat air putih ini sudah cukup membantu menghilangkan jerawat. Minumlah air putih 8 gelas atau 2 L sehari dan rasakan sendiri khasiatnya.

Berikut diatas merupakan beberapa tips cara menghilangkan jerawat secara alami dapat anda lakukan setiap hari karena tidak membahayakan bagi kesehatan wanita, terutama untuk kulit wajah anda. Ingat, bahwa diantara anda pasti memiliki kulit yang sensitif sehingga tips ini bisa saja tidak sesuai. Anda tidak perlu membaca dan menggunakan banyak cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, serta jerawat batu, apalagi dengan cara-cara yang aneh dan tak masuk akal. Cukup menerapkan cara-cara di atas sudah mampu mengatasi masalah wajah berjerawat anda. Semoga Bermanfaat.

codeacademy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: