Tips Memasak Sayur yang Tepat

07:08 1 Comments

Tips Memasak Sayur yang Tepat
Memasak Sayur yang Tepat
Biasanya kita sering takut untuk memasak sayur, banyak pertanyaan yang mungkin muncul saat akan memasak sayuran. Mulai dari bumbu, metode, dan sampai nilai nutrisi yang dikandung oleh sayur itu apakah akan hilang? Kali ini, saya akan membagi sedikit tips tentang memasak sayur yang tepat, agar kandungan nutrisinya didalamnya akan tetap terjaga dan kita tidak akan sia – sia saat mengkonsumsinya, dan tentunya akan memberikan dampak positif bagi tubuh.

Berikut beberapa tips memasak sayur yang tepat:
1.  Jangan merebus sayur terlalu lama
Ini adalah tips yang sering kita dengar. Karena, apabila dimasak terlalu lama, dapat menyebabkan rusaknya nutrisi dalam sayur. Lalu, bagaimana mengatasinya? Yaitu masak sayur dalam air mendidih dan angkat saat sayur mulai lembek secepat mungkin. Hal ini menghindari terbuangnya / larutnya vitamin dan rusaknya nutrisi sayur. Ingat, lembek bukan berarti layu!

Tips Memasak Sayur yang Tepat


2. Metode terbaik untuk memasak adalah mengukus
Dengan mengukus, vitamin yang dikandung sayur tidak larut dalam air. Selain itu, juga tidak merusak rasa asli dan nutrisi yang dikandungnya. Ini merupakan cara pintas jika ingin makanan anda tetap memiliki kandungan nutrisi yang utuh.

3. Untuk sayur yang dimasak dengan ditumis
Tumis sayur, ya masakan yang sering akan kita konsumsi dimanapun. Tipsnya saat memasak tumis yaitu masak setelah minyak sudah benar panas dan angkat saat sayuran sudah mulai layu. Namun jangan tunggu sampai sayuran matang, masak secukupnya aja.

4. Jangan masak semua sayur dengan microwave.
Banyak yang belum mengerti bahwa memasak dengan microwave dapat merusak nutrisi dalam beberapa sayur. Apakah benar? Berikut penjelasannya, untuk beberapa sayur, dapat menggunakan microwave asal penggunaannya singkat dan diberi sedikit air, sehingga sayur tidak akan kering.

5. Kenali cara memasak setiap sayur dengan baik .
Hal ini dikarenakan setiap sayur memiliki cara memasak tersendiri untuk mengaktifkan nutrisinya. Contoh : Tomat apabila dipanaskan / direbus akan mengaktifkan aktioksidan. Namun, brokoli dan kembang kol akan kehilangan antioksidan ketika direbus. Sedang apabila tomat dijus, akan dapat merusak nutrisinya.
Tips Memasak Sayur yang Tepat


6. Apabila ada sayuran yang memiliki lapisan kulit yang dapat dimakan
Ini lah yang sering dianggap tak berhuna dan justru sering untuk langsung dibuang! Untuk saat ini Jangan dibuang! karena pada lapisan kulit banyak terdapat kandungan phytochemical yang paling tinggi.

7. Jangan panaskan sayur yang sudah masak! 
Hal yang sering anda lakukan ketika sudah memiliki sayur yang sisa namun saying jika dibuang. Apabila terpaksa, anda dapat panaskan sekali saja. Hal ini dilakukan untuk mencegah kandungan nutrisi sayur agar tidak hilang begitu saja.

8. Barengi dengan makan sayur dan buah segar. 
Hal ini dikarenakan nutrisi, terutama vitamin akan langsung diserap tubuh tanpa kehilangan diproses memasak. Tinggal bersihkan lalu makan.

Tips Memasak Sayur yang Tepat
Mix sayur dan buah segar
Sekian tips cara memasak sayur yang tepat, semoga dapat memberikan sediki banyak gamabran tentang cara memasak sayur yang benar dan tentunya memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Selamat memasak!


codeacademy

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 comment:

  1. patut baca nih istri ku :)
    http://acemaxs31.com/obat-diabetes-melitus-herbal/

    ReplyDelete